Published

5 Tips Diet Sehat Untuk Pemula

Tips Diet

Mengkonsumsi makanan yang bergizi akan membantu mencegah malnutrisi dalam segala bentuknya serta berbagai penyakit dan kondisi tidak menular yang berhubungan dengan diet, namun peningkatan konsumsi makanan olahan dan perubahan gaya hidup telah menyebabkan pergeseran pola makan, sehingga perlu adanya upaya diet sehat agar tubuh selalu dalam kondisi fit.

Mayoritas masyarakat sekarang mengonsumsi lebih banyak makanan tinggi lemak dan gula bebas atau garam/natrium, banyak yang tidak cukup makan buah-buahan, dan sayuran yang kaya akan serat biji-bijian.

5 Cara Diet Sehat Yang Efektif

Dengan melakukan diet sehat akan membantu mendapatkan berat badan yang ideal, diet juga akan membantu untuk mencegah berbagai jenis bentuk penyakit, tetapi untuk melakukan upaya tersebut tidaklah mudah, banyak sebagian besar orang ingin menerapkan pola hidup sehat dengan cara yang instan dan hasilnya pun tidak sesuai dengan apa yang diharapkan.

1. Mengkonsumsi Sayuran dan Buah Setiap Hari

Kebanyakan orang tahu kita harus makan lebih banyak buah dan sayuran, tetapi banyak dari kita tidak makan cukup. Buah dan sayuran harus dikonsumsi lebih dari sepertiga dari makanan yang kita makan setiap hari. Usahakan untuk makan setidaknya lima porsi jenis buah dan sayuran setiap hari.

2. Meningkatkan Protein

Protein dapat mengatur hormon nafsu makan untuk membantu orang merasa kenyang. Ini sebagian besar disebabkan oleh penurunan hormon kelaparan ghrelin dan peningkatan hormon kenyang, Penelitian pada orang dewasa juga telah menunjukkan bahwa efek hormonal dari makan sarapan berprotein tinggi dapat bertahan selama beberapa jam.

Pilihan yang menu untuk sarapan yang baik dan berprotein tinggi yang dapat dikonsumsi seperti telur, gandum, dan kacang.

3. Tidak Melewatkan Sarapan

Melewatkan sarapan tidak akan membantu menurunkan berat badan, karena bisa menghilangkan nutrisi penting dan memungkinkan kita akan mengemil lebih banyak sepanjang hari karena merasa lapar, untuk melawan keinginan untuk makan berlebihan di malam hari.

Pastikan untuk makan sarapan yang mengandung protein dan serat di pagi hari, padukan protein dengan makanan berserat tinggi seperti sereal atau buah berserat tinggi.

4. Mengelola Stres

Stres memicu pelepasan hormon seperti adrenalin dan kortisol, yang pada awalnya menurunkan nafsu makan sebagai bagian dari respons tubuh. Namun, ketika orang berada di bawah tekanan konstan, kortisol dapat tetap berada di aliran darah lebih lama, yang akan meningkatkan nafsu makan dan berpotensi menyebabkan makan lebih banyak.

Peneliti menemukan bahwa menerapkan program intervensi manajemen stres selama 8 minggu menghasilkan penurunan yang signifikan dalam indeks massa tubuh yang kelebihan berat badan atau obesitas.

5. Rajin Minum Air Putih

Air Putih sangat dapat membantu untuk menurunkan berat badan karena 100% kandungan air putih bebas kalori, dan dapat membantu membakar lebih banyak kalori , bahkan dapat menambah nafsu makan jika dikonsumsi sebelum makan, manfaatnya akan lebih bagus bila mengganti minuman manis dengan air putih sehingga bisa mengurangi gula dan kalori.